Caribian Island..here we comes..

 

 

    Kering seketika tenggorokanku malam itu, ketika mengangkat telephone rumah dan mendengar seorang berbahasa Inggris dan mengaku dari UNDPKO NY HQ mencari seorang bernama Pasaribu…..”yes I’m speaking…” kataku. Saat itulah aku sadar bahwa interview dari UNDPKO yang seharusnya untuk penugasan yang telah kami tunggu-tunggu selama kurang lebih 2 (dua) tahun semenjak test UNSAT sebagai Police Advisor di UNMIS ternyata berubah 180 derajat menjadi interview untuk misi yang sama sekali baru bagi personel Polri..United Nations Stabilizations Missions in Haiti ( MINUSTAH ). Setelah kurang lebih hanya 10 menit dari suaranya bapak itu mewawancarai saya…..saya diberi kesempakan untuk menyampaikan sesuatu….saya menanyakan untuk memastikan kembali “apakah ini misi untuk MINUSTAH?? ” Seakan tidak percaya…( padahal dalam hati ngarep mode: on)…Jawabannya sekali lagi dalam nada tegas menjawab..Yes, this is for Minustah..Haiti…Wow…langsung saya menjawab..”Ok Sir, thks for the informations I really appreciated it..”

    Padahal baru beberapa hari yang lalu saya berhasil menyelesaikan pendidikan beasiswa Magister Ilmu Kepolisian saya di UI, seakan-akan dapat durian runtuh untuk dapat langsung pergi ke medan laga lagi…dikasih medan laga beneran sama TUHAN…Alhamdulillah..dalam hatiku..rejeki dariMu tiada henti-hentinya..Kemudian besok pagi harinya, saya mencari tau siapa saja yang mendapat interview..dan akhirnya informasi terakhir kami bersepuluh, dipastikan akan beragkat untuk sebuah Misi Pemulihan Perdamaian PBB bermandat DDR ( Disarmament, Demobilize dan Reintegrations ) untuk kelompok-kelompok bersenjata dan termasuk Stabilized and Secured the Environment di Haiti. Dalam surat Travel Advisory yang kami terima, ternyata kami diberi waktu sebulan untuk mempersiapkan segala sesuatunya…wah kerja bakti nih kataku dalam hati… Benar juga..setelah kami di hadapkan untuk proses selanjutnya tanggal 7 Juli 2010 ke Biro Kerja sama Luar Negeri Deputi Operasi Mabes Polri, kami diberikan Jadwal yang super duper padat untuk persiapan yang hanya tinggal tiga minggu lagi karena si Bos Besar sedang di NY HQ..

    Mengadapi dead line untuk tiba didaerah operasi yang ditentukan oleh UNDPKO membuat kegiatan kami full dan untolerized, kegiatan proses persiapan kami antara lain vaksinasi sekitar 9 (Sembilan) items sesuai TA yang kami terima dari NY yaitu Yellow Fever, Polio, Tetanus, Thypoid, Miningitis dll. Kemudian pembekalan dari para mantan Police Advisor, dan Perwakilan dari United States Diplomatic Security dan Department Luar Negeri. Selanjutnya kegiatan latihan menembak, karena misi ini judulnya Armour Mission, jadi kami dilengkapi senjata Glock 17, 9×19 buatan Austria. Setiap malam kami berkewajiban mengikuti kelas bahasa Perancis serta Inggris setiap malam untuk memperlancar speaking ( cieeeee…sampai jam 21.00 tiap malem , mau remuk nih tulang.. ) di Sekolah Bahasa Polri di Cipinang. Untuk latihan menyetir kami di berikan pelatihan di Pusat Pendidikan Lalu Lintas Polri untuk mendalami tekhnik menyetir dalam kondisi mobil operasi, seperti ada di beberapa situasi dimana seolah-olah kami terjebak didalam kubangan lumpur dan harus menggunakan crane untuk mengeluarkan mobil dari kubangan tersebut.

    Tak lupa memperkenalkan seorang Polisi Wanita di dalam Kontingen Garbha 1 Minustah yang juga merupakan pengantin baru (baru 5 bulan udah ninggalin suami..ckckckc) Asmida Rizky Siregar yang juga lulusan Akademi Kepolisian 2005.

    Berbagai informasi jhuga kami kumpulkan semaksimal mungkin mengenai situasi yang akan kami hadapi disana karena kebetulan saya sebagai Komnadan Kontingen harus senantiasa memberikan support kepada para anggota Kontingen Garbha untuk selalu up to date berbagai informasi yang sangat berguna. Informasi-informasi tersebut kami dapatkan dari kawan-kawan yang sudah di daerah misi ( Thanks to Mba Eno dan Mas Yogi yang senantiasa up date terus via BB and Email)…hope we will meet you soon guys..Ok Team Garbha Minustah…let’s Rock n’ Roll Karibia….!


 


4 thoughts on “Caribian Island..here we comes..

  1. selamat komandan setelah sekian lama penantian setelah test UNMIS 2 tahun yg lalu akhirnya kesampaian juga.salam buat rekan2 yang lain termasuk ganda tambunan.
    tinggal 2 orang yg belum kesampaian ini komandan.saya dan briptu diki semoga cepat menyusul ke minustah or sudan.
    terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s